Cara Menjual Suku Cadang Mobil Online: Menjual dan Mengirim Suku Cadang Mobil
Cara Menjual Suku Cadang Mobil Online: Menjual dan Mengirim Suku Cadang Mobil
DAPATKAN VERSI CETAK
Industri penjualan suku cadang dan aksesori otomotif online telah meroket selama lima tahun terakhir karena pengecer bata-dan-mortir memasuki ruang online. Menurut survei pasar McKinsey , pertumbuhan ini diperkirakan akan berlanjut pada tingkat 3% per tahun hingga 2030.
Dilihat dari Liputan Koran pertumbuhan ini bertepatan dengan peningkatan konsumen yang kuat dalam belanja online, dan meskipun pertumbuhannya mungkin tidak setinggi fashion wanita atau pria, industri yang sudah bernilai $516 juta ini dapat membuktikan investasi yang dapat dibenarkan untuk toko suku cadang otomotif yang sudah diperdagangkan.
Pertanyaannya, apakah Anda siap untuk mengembangkan bisnis dan menjual suku cadang mobil secara online?
Survei McKinsey secara mengkhawatirkan menyatakan bahwa “80% pemain [di industri] mengatakan bahwa mereka saat ini tidak siap – terutama karena kurangnya fokus dan keterampilan strategis dan sumber daya digitalisasi yang tidak memadai.”
Untuk tetap terdepan dalam permainan dan mempersiapkan bisnis Anda untuk penjualan online, baca panduan lengkap tentang cara menjual suku cadang mobil secara online.
Ketahui Apa yang Anda Jual
Tampaknya jawabannya sederhana, tetapi ada persamaan rumit di balik apa yang kami jual dan mengapa kami menjualnya. Apakah Anda ingin bersaing di arena otomotif yang lebih besar atau berspesialisasi dalam produk tertentu?
Mengetahui produk yang ingin Anda jual akan lebih membantu Anda menyusun situs web e - niaga Anda dan memberi pengguna Anda situs web yang mulus dan terstruktur dengan baik dengan pengalaman pengguna (UX) yang kuat yang akan menghasilkan konversi daripada pantulan.
Berikut adalah beberapa contoh suku cadang otomotif online yang dicari pelanggan untuk dibeli secara online.
1. Eksternal: bumper, grill, dop roda, dll.
Bagian luar seperti ini sering membutuhkan kotak pengiriman yang besar dan tidak terlalu rapuh dibandingkan bagian dalam. Jika Anda ingin menjual produk ini, Anda harus mempertimbangkan persyaratan pengiriman.
Perusahaan pelayaran mana yang menawarkan layanan yang memenuhi spesifikasi produk Anda?
Apakah Anda akan mengizinkan pengguna untuk mengambil produk?
Apakah Anda akan mengirim antar negara bagian?
Berapa biaya pengiriman antar negara?
2. Internal: busi, transmisi, silinder, dll.
Ini seringkali lebih rapuh dan perlu dikemas dengan hati-hati dengan banyak bungkus gelembung sebelum pengiriman
. Pertanyaan serupa seputar pilihan perusahaan pelayaran dan layanan pengiriman yang ingin Anda berikan kepada pelanggan Anda. Anda mungkin juga perlu mengumpulkan inventaris bahan pembungkus dan pengiriman.
3. Alat: dongkrak, kunci pas, dll.
Ini bisa berupa alat ringan, seperti kunci pas, atau alat berat, seperti dongkrak. Seperti di atas, pikirkan bagaimana barang-barang ini dapat dikirim dengan aman dan selamat.
4. Kategori lain dengan peluang.
Apakah Anda mengkhususkan diri dalam suku cadang otomotif lainnya? Mungkin ada area pasar yang tidak jenuh untuk dispesialisasikan. Penelitian terbukti bermanfaat bagi rangkaian produk Anda untuk menonjol dari yang lain.
Siapa yang Membeli Suku Cadang Anda?
Ada banyak demografi dan kelompok pengguna yang berbeda yang membeli suku cadang mobil secara online. Kategori yang jelas termasuk pelanggan grosir — misalnya, garasi lokal; dan pelanggan ritel — misalnya, orang yang ingin melakukan pembelian satu kali. Mengetahui target pasar Anda juga menjadi pertimbangan saat merancang dan membangun situs web e-niaga Anda.
Jika Anda memiliki situs web saat ini dan ingin menambahkan komponen e-niaga, Anda dapat menggunakan alat seperti Google Analytics untuk menganalisis demografi pengguna Anda saat ini. Google Analytics memungkinkan Anda melacak audiens berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin, negara, minat, dan lainnya.
Jika Anda tidak memiliki situs web, ada riset pasar yang tersedia secara online mengenai perilaku pengguna pembeli aftermarket otomotif.
Mengetahui audiens Anda akan membantu Anda lebih memahami cara menjual suku cadang mobil secara online. Di bawah ini adalah beberapa contoh audiens:
1. Toko mobil, bengkel lokal, dan vendor lainnya.
Anda adalah pedagang grosir B2B, menjual suku cadang ke vendor kecil yang menjualnya kepada pelanggan. Keuntungan dari penjualan B2B dapat berupa stabilitas penjualan, biaya yang lebih rendah, dan volume yang lebih baik — yang dapat menghasilkan penjualan yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.
2. Pelanggan akhir.
Anda menjual kepada anak yang ingin memasang knalpot keras pada Honda Civic 2002-nya. Demografi ini adalah B2C. Salah satu manfaat menjual B2C adalah kemampuan untuk menawarkan waktu pengiriman yang lebih singkat untuk jumlah yang lebih kecil.
4 Saluran Terbaik untuk Menjual Suku Cadang Mobil
Ini adalah dunia omnichannel di luar sana. Konsumen tidak lagi pergi ke satu tempat untuk membeli produk. Ada perbandingan harga, kenyamanan berbelanja, dan bahkan belanja berdasarkan lokasi.
Untuk industri automarket, pendekatan omnichannel terbukti bermanfaat untuk penjualan online. Saat Anda meneliti cara menjual suku cadang mobil secara online, pertimbangkan saluran berikut:
1. Toko e-niaga Anda sendiri.
Anda memiliki kendali penuh atas toko e-niaga Anda. Itu berarti Anda tidak akan terkena biaya yang dikenakan pada setiap penjualan — tidak seperti eBay dan Amazon — dan Anda dapat memberi harga produk Anda sesuka Anda.
Menyiapkan etalase e-niaga Anda sendiri juga berarti Anda dapat mengomunikasikan merek Anda dengan lebih baik dan membangun lebih banyak hubungan langsung dengan pelanggan. Hubungan pelanggan mengarah pada loyalitas dan bisnis yang berulang, dan bahwa retensi pelanggan jauh lebih hemat biaya daripada akuisisi.
Memastikan pencarian di tempat yang efektif adalah kebutuhan untuk pengalaman pelanggan, dan akan menambah lapisan kompleksitas, tetapi manfaat untuk merek Anda mungkin sepadan.
2. eBay.
eBay adalah tempat yang tepat untuk menjual suku cadang mobil, terutama jika Anda menjual suku cadang langka. Pada kuartal keempat 2019, ada 183 juta pengguna eBay di seluruh dunia — tumbuh 2% dibandingkan kuartal tahun sebelumnya.
Ini juga merupakan tempat populer untuk suku cadang mobil: menurut eBay , ada sekitar 90 juta daftar suku cadang mobil aktif, dan tiga suku cadang atau aksesori terjual setiap detiknya. eBay menyediakan sejumlah alat untuk memfasilitasi penjual otomotif, termasuk alat untuk membantu menyederhanakan penambahan perlengkapan ke daftar Anda.
3. Pasar Amazon.
Pasar Amazon juga membantu usaha kecil membuka diri untuk audiens yang lebih besar. Sebuah survei tahun 2019 menemukan bahwa, di AS, Amazon adalah toko online yang paling banyak digunakan selama 12 bulan sebelumnya.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang menggunakan Amazon untuk menjual suku cadang mobil Anda. Produk yang diperbaharui harus disertai dengan garansi, dan gambar harus dapat ditinjau di luar platform Amazon.
4. Ketiga saluran digabungkan.
Untungnya, pemilik toko BigCommerce tidak harus memilih antara eBay, Amazon, dan e-niaga mereka sendiri saat melihat cara menjual suku cadang mobil secara online! Hubungkan toko Anda dengan plugin eBay dan Amazon integrasi sederhana kami yang tersedia di toko aplikasi BigCommerce.
Menemukan Platform E-niaga Untuk Menjual Suku Cadang Mobil Secara Online
Pengalaman pengguna berkembang pesat dan memengaruhi keputusan yang dibuat pelanggan saat berada di situs web Anda. Faktor-faktor seperti merchandising visual, penerapan chatbot, gateway pembayaran, dan opsi pengiriman dapat memengaruhi apakah pelanggan Anda memutuskan untuk membeli suku cadang mobil di situs web Anda.
Platform e - niaga yang Anda pilih akan membutuhkan fungsionalitas ini tersedia dan, lebih disukai, menyederhanakan proses integrasi dan mengembangkan fungsi ini untuk Anda:
1. Filter menurut kendaraan.
Konsumen mencari suku cadang untuk mobil tertentu. Buat UX yang memungkinkan pengguna mengidentifikasi mobil mereka, lalu filter untuk hanya menampilkan produk yang relevan.
Anda juga dapat mengizinkan pengguna untuk mengidentifikasi kendaraan mereka dengan pencarian VIN atau Registrasi, atau memilih kendaraan mereka secara manual.
2. Pencarian segi .
Mobil Eropa > BMW > 1992 – 1999 > Seri 5 > 6 Silinder > Manual > Inilah transmisi tepat yang Anda butuhkan.
3. Program loyalitas.
Buat kesan yang baik pada mekanik, dan Anda dapat bertaruh mereka akan kembali 15 kali setahun untuk membeli lebih banyak suku cadang mobil secara online. Dapatkan mereka dalam program loyalitas dan beri mereka diskon dan tautan rujukan.
4. Chatbot.
Chatbots menambahkan personalisasi ke situs web Anda dan memungkinkan komunikasi waktu nyata dengan pelanggan Anda, yang berarti lebih banyak waktu di situs dan pemecahan masalah yang lebih efisien.
5. Gerbang pembayaran.
Berbagai gateway pembayaran membuat belanja online lebih mudah bagi pelanggan Anda. Situs web e-niaga semakin banyak menggunakan opsi pembayaran seperti Apple Pay, Paypal, dan opsi pembiayaan lainnya yang memungkinkan pembayaran tanpa hambatan . Ini menghilangkan kebutuhan pelanggan harus memasukkan rincian mereka dalam bentuk yang panjang.
6. Kemampuan B2B.
Aplikasi ini akan membantu Anda menggunakan model B2B atau grosir untuk melayani mekanik dan bisnis lokal.
OEM vs Pihak Ketiga
Keaslian sedang tren. Pelanggan mencari merek yang jujur dan transparan yang menunjukkan bahwa mereka peduli dengan apa yang diinginkan pelanggan. Sangat penting untuk bersikap transparan tentang produk Anda saat menjual suku cadang mobil secara online.
Seringkali Anda akan melihat suku cadang mobil terdaftar sebagai OEM atau tidak, dan penting bagi Anda untuk membedakan perbedaan ini dengan pelanggan Anda.
1. OEM: Produsen Peralatan Asli.
OEM berarti Anda mendapatkan suku cadang dari pabrikan yang sama yang membuat suku cadang untuk perusahaan mobil.
2. Pihak ketiga.
Pihak ketiga persis seperti yang terdengar - mengambil suku cadang dari seseorang yang tidak membuatnya untuk pabrikan.
Cara Menjual Suku Cadang Mobil Secara Online
Komponen e-niaga tentang cara menjual suku cadang mobil secara online hanyalah satu bagian dari persamaan. Ada beberapa pra-perencanaan dan ruang lingkup proyek yang perlu dilakukan sebelum Anda mulai membangun situs web e-niaga Anda .
Seperti halnya lompatan besar, persiapan adalah elemen kunci agar perubahan berjalan lancar.
1. Bicaralah dengan mekanik dan penggemar mobil terlebih dahulu.
Kami sangat menyarankan untuk berbicara dengan beberapa mekanik lokal atau penggemar mobil terlebih dahulu. Mereka mungkin memiliki bagian yang tidak dapat ditemukan oleh siapa pun. Anda dapat menjadikannya misi Anda untuk memasok bagian dengan jumlah rendah itu.
Bicaralah dengan mereka tentang jenis pengalaman pengguna yang mereka cari. Apa poin rasa sakit mereka? Apakah mereka pernah membeli secara online sebelumnya, dan bagaimana mereka menemukan prosesnya? Apa yang mendorong penjualan? Apakah itu harga, kualitas, kenyamanan, atau yang lainnya? Penelitian ini dapat membantu Anda memahami cara memberikan pengalaman terbaik.
2. Teliti pesaing Anda.
Lihatlah pesaing di SEMUA saluran, seperti eBay , Amazon, dan situs pihak ketiga. Lihat bagaimana mereka memberi harga suku cadang mobil mereka dan dapatkan pemahaman tentang apakah Anda dapat bersaing atau tidak.
Anda dapat melakukan ini hanya dengan mengetikkan nama bagian mobil ke mesin pencari dan melihat apa yang muncul. Perhatikan siapa yang berperingkat tinggi dan mengapa. Periksa pengalaman pengguna, harga, dan perjalanan pelanggan mereka secara keseluruhan. Ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk toko online Anda sendiri .
3. Hubungi pemasok untuk penawaran.
Setelah Anda memiliki poin harga yang perlu dicapai, hubungi pemasok melalui pasar mana pun yang Anda pilih, seperti Alibaba , untuk penawaran harga. Anda mungkin memiliki pemasok yang sedang bekerja sama dengan Anda, atau ingin membuka cabang ke pemasok baru. Periksa jumlah pesanan minimum untuk menentukan apakah itu berkelanjutan untuk bisnis Anda. Berbelanja di sekitar untuk berbagai pemasok suku cadang otomotif.
4. Kirim PO.
Kirim PO ke produsen suku cadang mobil yang Anda pilih dan periksa kembali apakah produk mereka sesuai dengan kualitas yang Anda cari. Kualitas memainkan peran yang sangat penting dalam pola pikir konsumen. Ini juga dapat menghemat banyak uang pada akhirnya, menghindari masalah seperti penarikan produk.
5. Mulai membangun situs Anda.
Sambil menunggu suku cadang Anda, bangun situs e-niaga Anda sehingga Anda dapat mulai menjual suku cadang mobil secara online. Inilah saatnya Anda perlu memutuskan desain yang cocok untuk Anda..
Selanjutnya, Anda perlu memutuskan apakah Anda ingin melibatkan mitra BigCommerce untuk membangun toko Anda atau mengambil peran ini secara internal. Jika toko Anda memerlukan koneksi API ke sistem eksternal, kami sarankan untuk terlibat dengan pengembang BigCommerce khusus yang dapat menghilangkan stres dalam membangun situs web Anda dan membantu Anda bangun dan berjalan lebih cepat. Kunjungi daftar mitra kami di sini .
Anda akan memerlukan citra dan konten juga. Konten kaya kata kunci akan memberikan detail produk kepada pelanggan Anda, sekaligus membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Anda.
6. Hubungkan situs Anda ke Amazon, eBay, dan Google Shopping.
Hubungkan situs Anda ke Amazon dan eBay secara mulus dengan plugin yang disebutkan di atas.
7. Kirim barang Anda.
Kirim barang ke pelanggan atau antar ke mekanik lokal.
Jika Anda menggunakan BigCommerce, ada berbagai opsi pengiriman yang tersedia untuk Anda. Terhubung dengan orang-orang seperti Shipper HQ, Fulfillment by Amazon , dan ShipStation untuk menemukan cara terbaik untuk mengirimkan suku cadang mobil Anda ke pelanggan.
Daftar Periksa untuk Mempersiapkan Peluncuran Toko Anda
Daftar periksa di bawah ini merangkum pertimbangan yang diperlukan saat memahami cara menjual suku cadang mobil secara online. Seperti yang telah kami sebutkan di bagian sebelumnya, persiapan dan perencanaan dapat memainkan peran penting dalam keberhasilan toko suku cadang mobil online Anda.
1. Cari niche.
Apakah Anda ingin menjual suku cadang ke SEMUA ORANG, atau kepada orang-orang dengan Honda Civic yang dibuat antara 1993-2013? Teliti pasar dan temukan area di mana toko onderdil mobil online Anda dapat menonjol dari yang lain.
2. Temukan produsen seragam.
Beberapa perusahaan mobil menggunakan produsen yang sama selama beberapa dekade, yang memudahkan untuk menemukan suku cadang lama untuk dijual. Temukan produsen seragam yang dapat Anda percayai dan memiliki nilai yang sama dengan Anda.
3. Sertakan deskripsi yang berwawasan luas.
Benar-benar mendefinisikan produk dalam deskripsi Anda, hingga setiap inci. Suku cadang mobil dapat menambah atau mengurangi keselamatan penumpang. Sertakan dalam deskripsi Anda apakah suku cadang tersebut OEM atau diproduksi oleh pihak ketiga.
4. Sumber citra profesional.
Pelanggan ingin melihat seperti apa produk sebelum mereka membeli. Anda benar-benar dapat membedakan antara citra profesional dan tidak profesional di toko e-niaga. Citra profesional akan melengkapi pengalaman pelanggan Anda saat mengakses toko onderdil mobil Anda secara online.
Kesimpulan
Kami berharap artikel di atas dapat mengedukasi Anda tentang cara menjual suku cadang mobil secara online. Pertumbuhan bisnis sering kali bertepatan dengan pendekatan omnichannel , dan masa depan, sejauh yang kami lihat, adalah e-niaga.
Pelanggan menginginkan kenyamanan dari merek yang dapat mereka percaya. Saat Anda menentukan cara mendekati penjualan suku cadang mobil secara online, pertimbangan ini adalah kuncinya.
Komentar
Posting Komentar