Panduan Pendaftaran Perusahaan Asing di Indonesia
Indonesia menghadirkan peluang menarik bagi investor asing yang ingin berbisnis di pasar negara berkembang. Untuk menjalankan bisnis secara legal di Indonesia sebagai orang asing, Anda perlu mendirikan PT PMA . Entitas ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan aliran pendapatan dan keuntungan dari bisnis yang dilakukan di wilayah Indonesia.
Mendaftarkan PT PMA memberi perusahaan investor asing hak dan tanggung jawab yang sama dengan perusahaan lokal di Indonesia. Ini termasuk kemampuan untuk membangun dan menggunakan tanah, berpartisipasi dalam tender lokal dan mensponsori visa yang memungkinkan karyawan asing untuk tinggal dan bekerja secara legal di Indonesia.
Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang persyaratan dan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendaftarkan PT PMA di Indonesia. Atau bisa langsung ke Jasa Pendirian PT Bandung untuk informasi pembuatan PT di Indonesia lebih lengkap.
Apa yang dimaksud dengan perusahaan milik asing di Indonesia?
Semua perusahaan asing di Indonesia adalah PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) yang berarti “perseroan terbatas dengan penanaman modal asing langsung”.
Suatu perusahaan adalah PMA jika perusahaan asing atau perusahaan asing memiliki saham. Tidak masalah apakah itu 100%, 51% atau bahkan 1% – jika ada pemegang saham asing, itu adalah perusahaan milik asing.
Orang umumnya percaya bahwa memiliki mitra lokal membuat pendaftaran perusahaan lebih lancar, tetapi ini tidak benar. Faktanya, hanya ada bedanya jika mitra lokal memiliki 100% saham.
Manfaat pendirian di Indonesia
Setelah menyelesaikan proses pendirian, Anda dapat mulai menjalankan bisnis Anda di Indonesia dan melakukan aktivitas seperti:
- Beli properti dan aset lainnya atas nama perusahaan Anda
- Daftarkan produk Anda (lihat kosmetik , makanan , peralatan IT )
- Memperoleh izin industri, seperti izin impor untuk mengimpor barang ke Indonesia
- Mulai persiapan lain untuk operasi Anda, seperti tetapi tidak terbatas pada perekrutan staf , persiapan renovasi kantor, dll.
- Lanjutkan untuk mendapatkan izin kerja dan tinggal untuk karyawan asing di perusahaan Anda
Batasan kepemilikan perusahaan asing
Per 5 Maret 2021, perubahan omnibus law di Indonesia telah membuka sebagian besar klasifikasi bisnis menjadi 100% kepemilikan asing.
Sekarang ada 45 kelas bisnis yang mempertahankan pembatasan parsial pada kepemilikan asing. Proporsi perusahaan-perusahaan yang terbuka untuk kepemilikan asing ini tergantung pada bidang usaha yang bersangkutan.
Sebanyak 58 kelas bisnis tetap ditutup untuk orang asing. Bidang usaha ini dicadangkan untuk usaha kecil dan menengah dengan kepemilikan domestik 100% dan meliputi:
- Perusahaan konstruksi kecil
- Layanan akomodasi kecil (guest house, villa, hotel bintang 1)
- Layanan seperti binatu, pangkas rambut, salon kecantikan)
- Ritel yang tidak online atau di department store
- Jenis usaha di bawah perlindungan nasional seperti budidaya ganja
Persyaratan untuk mendirikan PT PMA di Indonesia
1 Modal disetor
The minimum modal disetor untuk sebuah perusahaan milik asing di Indonesia adalah Rp. 2,5 miliar (~175.000 USD).
Pemegang saham harus menandatangani surat pernyataan modal yang menyatakan bahwa pemegang saham memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan modal.
2 Struktur perusahaan milik asing di Indonesia (PT PMA)
Pemegang saham
Setiap perseroan terbatas di Indonesia setidaknya harus memiliki dua pemegang saham. Mereka dapat berupa individu, pemegang saham perusahaan, atau keduanya.
Komisaris dan direktur
Anda harus menunjuk setidaknya satu komisaris dan satu direktur. Komisaris adalah pengawas direktur dan dapat menjadi bukan penduduk.
Para direktur bertanggung jawab atas operasi harian perusahaan. Setidaknya satu direktur harus warga negara atau penduduk Indonesia dan harus memiliki Kartu Pajak (NPWP).
Direktur asing dapat mengajukan permohonan izin kerja setelah pendirian perusahaan. Sambil menunggu izin kerja, perusahaan harus menunjuk direktur lokal, atau jasa direktur profesional.
3 Lokasi bisnis
Indonesia adalah negara yang terdesentralisasi. Banyak pekerjaan pemerintah terjadi di tingkat kabupaten. Karena distrik setempat bertanggung jawab atas persetujuan izin lokal, penting untuk memilih lokasi bisnis Anda sebelum memulai proses pendaftaran.
Jika Anda ingin menemukan distrik terbaik di Indonesia untuk menjalankan bisnis Anda, hubungi salah satu pakar kami untuk mendapatkan saran gratis.
Persyaratan untuk alamat perusahaan Anda
Daerah yang berbeda di Indonesia memiliki aturan yang berbeda untuk alamat terdaftar. Di Jakarta, alamat harus berada di gedung dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang memungkinkan beroperasinya kantor.
Memutuskan untuk menggunakan kantor virtual
Kantor virtual dapat secara signifikan menurunkan biaya overhead Anda. Anda juga tidak perlu khawatir tentang izin bangunan dan jika Anda dapat menggunakan alamat Anda sebagai kantor.
Menyelesaikan pendaftaran untuk bisnis Anda juga bisa jauh lebih cepat jika Anda menggunakan layanan kantor virtual. Emerhub menyediakan layanan kantor virtual di Jakarta dan Bali. Kami dapat mendaftarkan bisnis Anda dalam lima hari jika Anda menggunakan layanan kantor virtual kami.
Anda dapat mempertahankan kantor virtual Anda sebagai alamat resmi bahkan setelah Anda pindah ke kantor fisik. Ini juga menyelamatkan Anda dari keharusan memperbarui Anggaran Dasar Anda.
Cara Mendirikan PT PMA di Indonesia
Proses pendirian sebagian besar lini bisnis melalui sistem terpusat yang disebut One Single Submission (OSS). Ini telah membuat pendaftaran lebih mudah dan lebih cepat. Pendaftaran PT PMA biasanya memakan waktu 10 minggu, dengan OSS, pendaftaran dapat diselesaikan dalam 1 hingga 2 minggu jika bisnis Anda tidak memerlukan lisensi tambahan.
Proses langkah demi langkah untuk pendaftaran PT PMA
Langkah 1: Akta Pendirian
Emerhub akan memeriksa rencana kegiatan bisnis Anda dan merekomendasikan klasifikasi bisnis (KBLI) yang paling sesuai untuk Anda. Penting untuk memilih klasifikasi yang tepat untuk bisnis Anda sehingga Anda tidak akan mengalami masalah di masa mendatang. Pengesahan Akta Pendirian akan diperoleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada langkah ini.
Langkah 2: Pendaftaran Pajak
Setelah pendirian perusahaan, langkah selanjutnya adalah mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari kantor pajak setempat untuk perusahaan Anda. Segera setelah Anda menjadi Wajib Pajak terdaftar, Anda harus mematuhi beberapa kepatuhan.
Langkah 3: Nomor Induk Berusaha (NIB)
Selanjutnya adalah pendaftaran badan hukum Anda dalam One Single Submission System (OSS). Setelah ini, Anda akan menerima Nomor Identifikasi untuk Beroperasi (NIB) perusahaan Anda.
NIB adalah nomor unik yang mengidentifikasi profil perusahaan Anda di Indonesia. Ini juga berfungsi sebagai:
- Lisensi impor Anda (sebelumnya API-U)
- Nomor Induk Kepabeanan (NIK)
- Nomor registrasi bisnis Anda (sebelumnya TDP)
NIB juga secara otomatis mendaftarkan PT PMA Anda di bawah Sistem Jaminan Kesehatan dan Sosial (BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan)
Langkah 4: Lisensi Operasional/Lisensi Komersial
Izin usaha/izin komersial biasanya diterbitkan pada hari yang sama dengan NIB. Ini berlaku jika tidak ada persyaratan lain untuk bisnis Anda, misalnya, dengan bisnis perdagangan dan konsultasi. Namun, kegiatan bisnis lain mungkin memerlukan pemenuhan tambahan. Dalam kasus seperti ini, diperlukan waktu berbulan-bulan sebelum pemerintah memberikan izin usaha Anda. Misalnya, perusahaan fintech di Indonesia membutuhkan izin OJK.
Garis waktu di atas berlaku untuk bisnis yang terdaftar di Jakarta. Pendaftaran biasanya memakan waktu lebih lama di tempat lain dan akan tergantung pada pemerintah daerah setempat. Harap perhatikan juga bahwa timeline di atas dapat berubah tergantung pada spesifikasi bisnis Anda.
Setelah proses registrasi, Emerhub dapat memfasilitasi pembukaan rekening bank untuk perusahaan Anda. Kami memiliki perjanjian khusus dengan beberapa bank, dan Anda tidak perlu datang sendiri ke bank.
Percepatan Proses Pendaftaran Perusahaan di Jakarta
Sifat pemerintah Indonesia yang terdesentralisasi berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam cara pengurusan izin lokal. Bahkan di Jakarta, yang terbagi menjadi lima kotamadya yang berbeda, prosesnya bervariasi dari satu hingga beberapa minggu.
Emerhub Indonesia telah membangun sistem online berpemilik yang memangkas beberapa proses aplikasi yang memakan waktu. Hal ini memungkinkan kami untuk memberikan layanan pendaftaran perusahaan tercepat di Indonesia. Selama Anda menggunakan alamat terdaftar Emerhub dan industri Anda tidak memerlukan lisensi industri tambahan, pendaftaran hanya akan memakan waktu lima hari kerja.
Alternatif pendaftaran perusahaan di Indonesia
Membeli perusahaan rak yang sudah jadi
Untuk melewati seluruh proses pendaftaran dan pendirian, Anda dapat membeli perusahaan rak. Melakukan hal ini akan memungkinkan Anda untuk menerbitkan faktur, menandatangani kontrak, atau berpartisipasi dalam tender dengan segera.
Namun, pastikan perusahaan rak memiliki lisensi yang diperlukan untuk klasifikasi bisnis Anda. Emerhub dapat memberi Anda perusahaan rak atau memverifikasi apakah perusahaan rak yang ingin Anda beli memiliki semua izin yang diperlukan.
Perusahaan calon di Indonesia
Anda mungkin pernah menemukan istilah “pemegang saham calon” ketika berbicara dengan investor asing lain yang berbisnis di Indonesia. Frasa tersebut mengacu pada penggunaan orang atau entitas lokal untuk memegang saham atas nama Anda. Meskipun umum di banyak negara, di Indonesia tidak menawarkan perlindungan hukum apa pun kepada Anda. “Nominee” tidak memiliki kewajiban untuk menyerahkan sahamnya kepada Anda.
Jika Anda beroperasi di industri di mana kepemilikan asing dibatasi, ada solusi yang lebih baik yang legal dan melindungi aset Anda. Pengaturan hukum khusus tergantung pada kegiatan yang Anda rencanakan. Hubungi Emerhub untuk mendiskusikan kasus spesifik Anda.
Kantor perwakilan di Indonesia
PT PMA bukanlah satu-satunya pilihan bagi seseorang yang ingin melakukan kegiatan bisnis di Indonesia atau hanya ingin pindah secara pribadi. Jika Anda ingin mendirikan kantor di Indonesia tetapi tidak ingin menghasilkan pendapatan dari kegiatan lokal, Anda bisa membuka kantor perwakilan sebagai gantinya. Jika Anda ingin pindah secara pribadi atau mempekerjakan karyawan di Indonesia, Anda dapat menggunakan perusahaan jasa rekaman .
Proses bisnis outsourcing di Indonesia
Mendirikan badan hukum tidak selalu merupakan cara tercepat atau paling hemat biaya untuk memasuki pasar baru. Jika Anda ingin segera mulai beroperasi atau menguji pasar terlebih dahulu, menggunakan model operasi yang dialihdayakan akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda.
Ini memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas bisnis seperti memperoleh pendapatan, menyediakan layanan, dan melakukan penjualan tanpa mendirikan perusahaan lokal atau memenuhi persyaratan investasi asing minimum.
Komentar
Posting Komentar