URAIAN Aqiqah & BEBERAPA HUKUM TENTANGNYA.

 

1) HUKUM Aqiqah

Ada perbedaan pendapat ulama tentang hukum 'aqeeqah, dengan tiga pandangan yang berbeda. Ada yang mengatakan wajib, ada yang mengatakan mustahab (dianjurkan) dan ada yang mengatakan sunnah mu'akkadah (sunnah yang ditegaskan). Yang terakhir adalah pandangan yang paling benar.

'Aqiqah mengacu pada hewan yang dikorbankan pada hari ketujuh setelah kelahiran sebagai tindakan syukur kepada Allah atas berkah seorang anak, baik laki-laki atau perempuan. Disunnahkan, karena hadits-hadits yang diriwayatkan tentang itu. Orang yang melakukan 'aqeeqah untuk anaknya harus mengundang orang untuk datang dan memakannya, di rumahnya atau di mana pun, atau dia dapat membagikan daging mentah atau dimasak kepada orang miskin dan kerabatnya, tetangga, teman, dll.

(FATAAWA AL-LAJNAH AL-DAA'IMAH, 11/442)

PARA PENDIDIK KOMITE BERKATA BERAT

'Aqiqah adalah Sunnah mu'akkadah. Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang memenuhi syarat untuk disembelih, dan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Domba harus disembelih pada hari ketujuh, tetapi jika ditunda, maka diperbolehkan untuk menyembelihnya kapan saja, dan tidak ada dosa untuk menundanya, tetapi lebih baik melakukannya sesegera mungkin.

(FATAAWA AL-LAJNAH AL-DAA'IMAH 11/439)

Dikisahkan oleh Salman bin 'Amir Ad-Dabbi:

Bahwa Rasulullah (saw) berkata: “Untuk anak laki-laki, ada 'Aqiqah. Jadi tumpahkan darah untuknya dan singkirkan bahaya darinya.”

SUNAN TIRMIDHI (Vol. 3, Buku 17, Hadis 1515)
SUNAN NASEEI (Vol. 5, Buku 4, Hadis 4219)
ABU DAWOO (Buku 15, Hadis 2833)

Diriwayatkan dari 'Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, bahwa:
Rasulullah menawarkan 'Aqiqah untuk Al-Hasan dan Al-Husain. (Hasan)

SUNAN NASEEI (Vol. 5, Buku 4, Hadis 4218)

2) MANFAAT AQEEQAH

IBN AL-QAYYIM BERKATA

Di antara manfaat 'aqeeqah adalah .Ini adalah pengorbanan yang dengannya anak itu dibawa dekat kepada Allah segera setelah dia datang ke dunia. Ini adalah tebusan untuk bayi yang baru lahir; 'aqeeqahnya menebusnya sehingga dia bisa menjadi syafaat untuk orang tuanya. Ini adalah pengorbanan yang dengannya bayi yang baru lahir ditebus sama seperti Allah menebus Isma'eel dengan domba jantan.

(TUHFAT AL-MAWDOOD, HALAMAN 69)

3) WAKTU TERBAIK UNTUK MENAWARKAN 'AQEEQAH ADALAH TUJUH HARI SETELAH KELAHIRAN

Dari Qatadah, dari Al-Hasan, dari Samurh bin Jundab bahwa Rasulullah bersabda: “Setiap anak laki-laki tergadaikan dengan aqiqahnya, maka sembelihlah (hewan) untuknya pada hari ketujuh, dan cukurlah kepalanya. , dan sebuah nama” (Hasan)

SUNAN NASEEI (Vol. 5, Buku 4, Hadis 4225)

Dikisahkan:

Bahwa Rasulullah (saw) berkata: “Anak itu digadaikan dengan 'Aqiqahnya; menyembelih untuknya pada hari ketujuh, dia harus diberi nama, dan kepalanya harus dicukur.”

SUNAN TIRMIDHI (Buku 15, Hadis 34)
SUNAN TIRMIDHI (Buku 15, Hadits 35)
ABU DAWOOD (Buku 15, Hadits 2832)

Dilaporkan bahwa 'Aa'isyah berkata: Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya ) melakukan 'aqeeqah untuk al-Hasan dan al-Husain pada hari ketujuh, dan memberi mereka nama mereka.

(IBN HIBBAAN 12/127)
(AL-HAAKIM 4/264)
(IBN HAJAR IN FATH AL-BAARI 9/589)

4) DIANJURKAN UNTUK menyembelih DUA DOMBA UNTUK ANAK LAKI-LAKI DAN SATU DOMBA UNTUK PEREMPUAN

Diwajibkan menyembelih dua ekor domba untuk bayi laki-laki yang baru lahir dan satu ekor domba untuk anak perempuan, sebagaimana ditunjukkan oleh dalil-dalil shahih, seperti berikut ini.

Dikisahkan oleh Ummu Kurz:
Bahwa dia bertanya kepada Rasulullah (saw) tentang 'Aqiqah. Dia berkata: “Untuk anak laki-laki adalah dua domba, dan untuk anak perempuan adalah satu, tidak akan membahayakan Anda jika mereka (yaitu domba) adalah laki-laki atau perempuan.”

SUNAN TIRMIDHI (Vol. 3, Buku 17, Hadis 1516)
SUNAN NASEEI (Vol. 5, Buku 4, Hadis 4222)
SUNAN NASEEI (Vol. 5, Buku 4, Hadis 4223)
ABU DAWOOD (Buku 15, Hadis 2829)

Diriwayatkan bahwa Ibn 'Abbas berkata:

“Rasulullah SAW menawarkan 'Aqiqah untuk Al-Hasan dan Al-Husain, semoga Allah meridhoi mereka, masing-masing dua ekor domba jantan.” (Sahih)

SUNAN NASEEI (Vol. 5, Buku 4, Hadis 4224)

Diriwayatkan dari Um Kurz bahwa Rasulullah bersabda:
“Untuk anak laki-laki dua domba, Mukafaatan (setara usia), dan untuk anak perempuan, satu domba.” (Sahih)

SUNAN NASEEI (Vol. 5, Buku 4, Hadis 4220)
SUNAN NASEEI (Vol. 5, Buku 4, Hadis 4221)
ABU DAWOOD (Buku 15, Hadis 2830)

5) PEMBAGIAN DAGING AQEEQAH

Dibolehkan makan dari 'aqeeqah ini, dan juga memberi makan kerabat, teman dan orang miskin. Dibolehkan memasaknya lalu memberikannya kepada orang lain, atau memberikannya mentah-mentah kepada mereka.

Diriwayatkan bahwa 'Aa'isyah (ra dengan dia) mengatakan tentang daging 'aqeeqah: "Ini harus dipotong-potong, kemudian dimakan dan diberikan kepada orang lain.

(MUSANNAF ABI SHAYBAH 5)

Diriwayatkan bahwa Ibn Seereen dan al-Hasan al-Bashri berkata: “Di antara mereka 'aqeeqah diperlakukan seperti pengorbanan; beberapa akan dimakan dan beberapa diberikan kepada orang lain.”

(MUSANNAF ABI SHAYBAH 5)

IBN HAZM BERKATA:

“Sebagian 'aqeeqah harus dimakan, dan beberapa diberikan sebagai hadiah dan sedekah."

(AL-MUHALLAA OLEH IBN HAZM 6)

Adalah mustahab untuk memasak semua aqiqah, bahkan bagian yang akan disumbangkan, karena diriwayatkan bahwa beberapa salaf, seperti Jabir radhiyallahu ‘anhu, menganggap itu sebagai mustahab.

Ataa' ibn Abi Rabaah biasa berkata tentang 'aqeeqah: “Aqiqah itu harus dipotong-potong, dimasak dengan air dan garam, dan diberikan sebagai hadiah kepada tetangga.

SUNAN BAIHAQI (HADITH 19827)

6) APAKAH MISKIN DIKELUARKAN DARI AQEEQAH?

Tidak ada perbedaan pendapat bahwa tidak wajib bagi orang miskin, apalagi orang yang berhutang.

PARA PENDIDIK KOMITE BERDIRI DIPERTANYAKAN :

Jika saya dikaruniai beberapa anak, dan saya tidak bisa aqiqah untuk salah satunya karena saya tidak mampu, karena saya seorang karyawan dan gaji saya terbatas dan hanya cukup untuk menutupi pengeluaran bulanan saya, berapa biayanya? hukum 'aqeeqah anak-anak saya dalam Islam?

DIJAWAB :

Jika keadaannya seperti yang Anda gambarkan dan Anda tidak mampu, dan penghasilan Anda hanya cukup untuk menutupi pengeluaran Anda untuk diri sendiri dan orang-orang di bawah perawatan Anda, maka tidak mengapa Anda tidak melakukan aqiqah untuk anak-anak Anda, karena Allah mengatakan (penafsiran artinya):

“Allah tidak membebani seseorang di luar jangkauannya”

(SURAH AL BAQARAH 2 AYAT 286)

“Dan [Allah] tidak membebani kamu dalam agama apapun kesulitan”

(SURAH AL-HAJJ 22 AYAT 78)

“Maka jagalah kewajibanmu kepada Allah dan bertakwalah kepada-Nya semampumu”

(SURAH AL-TAGHAABUN 64 AYAT 16)

(FATAAWA AL-LAJNAH AL-DAA'IMAH, 11/436, 437)

7) Bolehkah Menunda Aqiqah?

Sunnah adalah Aqiqah harus dilakukan pada hari ketujuh, tetapi jika ditunda sampai setelah hari ketujuh, tidak ada dosa, dan harus dilakukan ketika Muslim mampu melakukannya.

PARA PENDIDIK KOMITE BERDIRI DIPERTANYAKAN :

Seorang laki-laki memiliki beberapa anak laki-laki dan dia tidak melakukan 'aqeeqah untuk mereka, karena dia miskin. Beberapa tahun kemudian, Allah menjadikan dia bebas dari harta benda dengan Karunia-Nya. Apakah dia harus melakukan 'aqeeqah?

DIJAWAB :

Jika situasinya seperti yang dijelaskan, maka disyariatkan baginya untuk melakukan 'aqeeqah untuk mereka, dua ekor domba untuk setiap anak laki-laki.

(FATAAWA AL-LAJNAH AL-DAA'IMAH, 11/441, 442)

SHAYKH IBN 'UTHAYMEEN DIPERTANYAKAN :

Seorang laki-laki memiliki beberapa anak laki-laki dan perempuan, dan dia tidak melakukan 'aqeeqah untuk salah satu dari mereka, baik karena ketidaktahuan atau kecerobohan. Beberapa dari mereka sudah dewasa sekarang. Apa yang harus dia lakukan sekarang?

Dia menjawab: Jika dia melakukan 'aqeeqah untuk mereka sekarang, itu bagus, jika dia tidak mengetahui hukumnya atau jika dia terus berkata, "Saya akan melakukan 'aqeeqah besok" sampai terlalu banyak waktu berlalu. Tetapi jika dia miskin pada saat 'aqeeqah disyariatkan, maka dia tidak perlu melakukan apa pun, untuk selengkapnya di untuk melakukan aqiqah setelah hari ke 7.

(LIQA' AL-BAAB AL-MAFTOOH, 17/2-18)

AL-LAYTH IBN SA'D SAID:

Aqiqah harus ditawarkan untuk bayi yang baru lahir pada hari ketujuh; jika mereka tidak mampu melakukan aqiqah pada hari ketujuh, maka tidak mengapa mereka melakukannya setelah itu. Tidak wajib untuk menawarkan 'aqeeqah baginya setelah tujuh hari.

(TUHFAT AL-MAWDOOD, HALAMAN 63)

IBN AL-QAYYIM BERKATA :

Jika disembelih atas namanya pada hari kedelapan atau kesepuluh, atau setelah itu, itu dapat diterima.

(TUHFAT AL-MAWDOOD, HALAMAN 63)

Syekh Shalih al-Fawzaan (semoga Allah menjaganya) ditanya: Jika saya di kota saya dan Allah memberkati saya dengan bayi laki-laki atau perempuan, tetapi saya tidak akan bisa kembali ke suami saya di kota lain tempat dia tinggal. sampai setelah satu bulan atau lebih, apakah saya harus melakukan 'aqeeqah pada hari ketujuh atau keempat belas atau kedua puluh satu seperti yang disebutkan dalam hadits 'Aa'isyah (ra dengan dia), atau apakah itu diperbolehkan untuk saya? untuk menundanya sampai saya kembali ke suami saya dan melakukannya ketika saya bersamanya?

Beliau menjawab: Tidak ada yang mengatakan bahwa penyembelihan aqiqah tidak dapat ditunda sampai waktu yang lebih cocok dan lebih mudah bagi orang tua atau salah satu dari mereka. Sebaiknya menyembelihnya pada hari ketujuh jika memungkinkan. Namun jika tidak memungkinkan maka tidak mengapa menundanya sampai lain waktu, sesuai dengan kemampuannya. Perlu diperhatikan bahwa penyembelihan aqiqah harus dilakukan oleh ayah dari anak tersebut dan itu merupakan salah satu hak anak atas ayahnya.

(AL-MUNTAQA MIN FATAAWA AL-FAWZAAN, 84/5)

Jika Anda ingin mengadakan aqiqah sebaiknya Anda menghubungi layanan jasa paket aqiqah jakarta yang berpengalaman dan melayani aqiqah sesuai syariat islam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Landmark Indonesia

Tren Teknologi Ini Diprediksi Bakal Naik di Tahun 2022 Saat ini evolusi teknologi konsisten berjalan dalam waktu yang lumayan cepat. Di mana, tiap tiap tahunnya tersedia saja penemuan maupun teknologi baru yang datang dan ditingkatkan untuk memudahkan kegiatan kehidupan manusia sehari-hari. Selain itu, proses pengembangannya juga ditunaikan dengan menggunakan banyak waktu pada tiap tiap prosesnya. Tidak heran, kecuali waktu-waktu sebelum akan peluncuran resminya, sudah tersedia prediksi bakal terjadinya tren teknologi tersebut. Memasuki kuartal ke dua tahun 2022 sendiri, tersedia sejumlah tren teknologi yang diprediksi bakal ramai, apalagi di antaranya sudah merasa tampak. Apa saja tren tren teknologi yang dimaksud? Yuk, lihat penjelasan tersebut ini. Augmented Reality untuk Memenuhi Aktivitas Belanja Online Sumber: toffeedev Tren teknologi pertama yang diprediksi bakal meningkat adalah pemanfaatan augmented reality atau AR untuk kebutuhan membeli online. Dalam lebih dari satu tahun terakhir, kegiatan membeli online sebetulnya konsisten berkembang dan jadi perihal yang ditunaikan banyak orang terlebih di era pandemi. Di mana, barang siapa sanggup membeli pakaian, gadget, dan benda lainnya tanpa harus muncul tempat tinggal dengan sebutan lain hanya lewat smartphone yang digunakan. Augmented reality sendiri dilatarbelakangi oleh kelemahan membeli online yang membawa dampak calon costumer tidak sanggup lihat maupun merasakan barang yang bakal dibeli agar permasalahan tidak cocok dengan penampilan di toko online kerap kali terjadi. Dengan adanya teknologi AR, maka calon costumer sanggup lihat penampakan barang secara 3D agar mereka sanggup menegaskan kesesuaiannya dengan yang ditampilkan di toko online. Penggunaan Virtual Reality Bagi Semua Orang Sumber: teknologiraya Tren teknologi AR sudah pasti juga diikuti dengan pertumbuhan teknologi VR atau virtual reality yang di tahun ini diprediksi merasa banyak digunakan orang-orang. Di mana, teknologi VR sendiri waktu ini hanya terpaku pada pendukung kegiatan hiburan saja seperti menyaksikan film maupun bermain game. Tentunya di tahun 2022 ini, barangkali kegiatan yang melibatkan perangkat VR merasa dimanfaatkan. Misalnya saja untuk menolong kegiatan meeting online lewat Zoom maupun Google Meet sebagai bagian dari bekerja di rumah. Di mana, penampilan meeting online tersebut bakal terkesan nyata dan lebih menarik. Teknologi AI Ada di Mana-Mana Sumber: ronif.com Kecanggihan teknologi tentu tidak lepas dari proses yang menolong kegiatan pc untuk berbagai kegiatan. Kehadiran AI atau Artificial Intelligence membawa dampak proses yang diterapkan oleh suatu perangkat jadi lebih pintar dan efisien. Hal ini memberi tambahan pengaruh besar bagi keberlangsungan industri teknologi dalam lebih dari satu tahun terakhir. Tidak heran, kecuali tahun 2022 popularitas AI diprediksi melesat terlebih di banyak pemanfaatan gadget, aplikasi, situs, dan hal-hal lainnya. Misalnya saja anjuran konten tampil di layar tempat sosial tiap tiap pengguna bakal diambil alih oleh AI. Baca juga: Ini Dia 5 Hal yang Membatasi Perkembangan Teknologi di Masa Mendatang Autentikasi Tanpa Menggunakan Password Sumber: keesingtechnologies Tren teknologi selanjutnya bakal menghapus peran kata sandi atau password yang biasa digunakan sebagai metode autentikasi keamanan. Hal ini berkat meningkatnya kecanggihan AI yang membawa dampak password sanggup dengan gampang dibuka juga password yang panjang memanfaatkan kombinasi huruf dan angka. Di mana, metode autentikasi password ini bakal digantikan oleh autentikasi biometrik yang tidak memerlukan pembaruan tiap tiap waktu dan lebih safe kecuali tersedia serangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ngeri-Ngeri Sedep! Rumah Ini Diserang Rayap sampai Bentuk Sarang bak Monster